Visi dan Misi

VISI

Untuk melaksanakan tugas pokok Pemerintah Kelurahan Kalicacing perlu adanya visi, karena Kelurahan Kalicacing berada di bawah Kecamatan Sidomukti maka visinya sama dengan visi Kecamatan yang mengacu pada Visi Pemerintah Kota Salatiga yaitu :  “Salatiga Hati Beriman yang SMART”.

Penjelasan dari makna visi tersebut adalah bahwa Kecamatan Sidomukti sebagai unit organisasi pelayanan masyarakat mempunyai visi kedepan untuk bisa memberikan pelayanan terderpan untuk bisa memberikan pelayanan sebaik-baiknya (Servis Exellent). Era reformasi dan transparasi dan peningkatan pelayanan publik menjadi sasaran utama dalam pelaksanaan pemerintahan. Tuntutan dan era sekarang pemerintah harus menjadi  pelayan masyarakat  yang baik dan bukan untuk dilayani oleh rakyat.

Selain itu Kecamatan Sidomukti juga berusaha untuk memberdayakan masyarakat sebagaimana  sesuai dengan harapan dan tujuan dari pemerintah yaitu menciptakan masyarakat yang mandiri dan berpartisipasi aktif mengembangkan pembangunan daerahnya. Di era otonomi kemandirian sangatlah dibutuhkan, masyarakat yang mandiri adalah masyarakat yang mampu survive terhadap tantangan dan perkembanngan kemajuan jaman, tanpa tergantung dari bantuan tangan orang lain. Oleh karena itu visi Kecamatan Sidomukti adalah memberikan pelayanan yang baik (pelayanan prima) sekaligus memberdayakan masyarakat Kecamatan Sidomukti menuju kesejahteraan dan kemandirian.

MISI

Sejalan dengan visi tersebut diatas, maka misi Pemerintah Kota Salatiga 2017-2022  adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan aparatur yang berkualitas dalam memberikan pelayanan prima.
  2. Meningkatkan kwalitas pelayanan prima.
  3. Meningkatkan pembinaan kepada perangkat kelurahan dan masyarakat.
  4. Meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Dari keempat misi tersebut diatas dapat dijelaskan bahwa Kecamatan Sidomukti dalam rangka mencapai misinya ingin mewujudkan pelayanan yang memuaskan bagi pelanggan dalam aspek yang dijalankan yaitu kegiatan pemmerintah pembangunan dan kemasyarakatan.

Yang Baru  2017 – 2022

  1. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan, mewujudkan SDM yang handal dan menjunjung tinggi nilai-nilai budaya.
  2. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat dan keluarga berencana.
  3. Meningkatkan ketentraman, ketertiban dan kondusifitas wilayah.
  4. Meningkatkan kualitas penataan ruang dan infrastruktur perkotaan yang berwawasan lingkungan.
  5. Meningkatkan kualitas pelayanan air bersih, sanitasi dan lingkungan permukiman kota.
  6. Mengembangkan ekonomi kerakyatan yang berorientasi pada Usaha Menengah, Kecil dan Mikro.
  7. Meningkatkan kerjasama, daya saing daerah dan daya tarik investasi dan memperluas akses lapangan pekerjaan.
  8. Meningkatkan kesejahteraan sosial, kesetaraan gender dan perlindungan anak.
  9. Meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mewujudkan tatakelola pemerintahan yang baik (good governance).